Header Ads

Bertemu Tokoh Inspiratif: Ustadz Hasan Makarim

Kamis, 15 September 2022, di tengah-tengah peresmian Pesantren Darut Taubah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kembangkuning, Nusakambangan, pengurus DPW Hidayatullah DIY-Jatengbagsel dapat berbincang cukup lama dengan Ustadz Hasan Makarim. Alhamdulillah. 

Dalam hal dakwah, terutama pembinaan warga binaan lapas, beliau tokoh inspiratif. Sejak 1991, beliau sudah terjun ke lapas-lapas di Nusakambangan untuk membina warga binaan. Saat itu, tentu saja, sarana transportasi dan infrastruktur tidak seperti saat ini. Kebulatan tekad sangat diperlukan. Beliau menjalani semua kesulitan dengan sabar. 

Sisi lain yang juga perlu diatasi adalah komunikasi. Warga binaan memiliki banyak masalah. Bukan hanya lamanya hukuman yang menjadi beban, situasi keluarga dan keuangan menjadi sesuatu yang berat di pikiran. Tidak jarang ada perceraian. Oleh karena itu, sebagaimana Ustadz Hasan Makarim menyampaikan, komunikasi perlu dilakukan dengan seksama. Agar warga binaan nyaman kemudian berkenan curhat. 

Peran Ustadz Hasan Makarim bukan hanya mendampingi psikologis warga binaan. Akan tetapi beliau juga turut serta dalam pengajuan pengurangan lama hukuman. Menurut beliau, banyak warga binaan yang telah insyaf bahkan inspiratif. Oleh karena peran mereka perlu diperluas, tidak hanya di lapas, tapi juga di masyarakat. 

Mimpi yang masih diretas oleh Ustadz Hasan Makarim adalah menjadi konsultan pendamping warga binaan lapas. Ikhtiarnya, saat ini kuliah S3 ditempuh, walaupun usia beliau telah berkepala enam. Keinginan untuk berdakwah di lapas motivasi tertinggi dalam studi. Dengan studi yang terstruktur, semoga pengetahuan dan keterampilan dalam pendampingan warga binaan lapas dapat terfomulasikan secara akademis. Sehingga pendampingan warga binaan lapas semakin sistematis dan masif. Masya Allah.  

Diberdayakan oleh Blogger.